Selamat Datang Di Website Resmi Desa Jagir, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi

Artikel

Pemdes Jagir Gelar Malam Tirakatan Hari Jadi Ngawi ke 665 Dengan Doa Bersama

07 Juli 2023 09:01:00  Dwi ahmad  108 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Ngawi yang ke-665, Pemerintahan Desa Jagir, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi melaksanakan Malam Tirakatan dan doa bersama yang bertempat di Gedung Serbaguna desa jagir. Kamis (06/07)

Malam Tirakatan merupakan tradisi tahunan untuk kabupaten ngawi guna memperingati hari jadi Ngawi yang dilaksanakan dengan tirakatan dan doa Bersama.

Hadir dalam acara tersebut adalah Perangkat Desa Jagir, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPMD dan anggota, Babinsa, bhabinkamtibmas, Tokoh masyarakat dan perwakilan dari masyarakat sekitar.

Malam Tirakatan ini merupakan tradisi tahunan yang dilaksanakan secara serentak oleh seluruh pemerintah desa di Kabupaten Ngawi sebagai bentuk tasyakuran dan doa Bersama yang di kemas dalam sebuah acara pemotongan tumpeng dilanjutkan doa bersama seperti yang dilakukan pemerintah desa jagir.

Ketua BPD Darminto dalam sambutanya, menyampaikan beberapa har tentang asal usul dari Kabupaten Ngawi yang mana Ngawi itu berasal dari kata “AWI

“Agar perlu kita ketahui, Ngawi berasal dari kata awi yang artinya bambu yang selanjutnya mendapat tambahan huruf sengau NG menjadi NGAWI .Ngawi menunjukkan suatu tempat yang di sekitar pinggir Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang banyak ditumbuhi bambu”. Terangnya.

WhatsApp Image 2023-07-07 at 08-52-40

Dilanjutkan sambutan dari Heri Novianto Selaku Sekdes Jagir yang mana pada  sambutanya Heri menyampaikan pentingnya mengenang dan mendoakan para pejuang yang telah berjuang demi memperjuangkan Kabupaten Ngawi.

"Malam tirakatan ini merupakan tradisi tahunan untuk memperingati atau mengenang jasa perjuangan dan mendoakan para leluhur yang pernah berjuang untuk Ngawi tercinta ini. Malam tirakatan ini kita laksanakan juga sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan dan intuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk Ngawi tercinta ini”. Jelasnya.

WhatsApp Image 2023-07-07 at 08-52-36

Dengan adanya malam Tirakatan ini, diharapkan semua masyarakat di Kabupaten Ngawi dapat terus maju dan Ngawi menjadi daerah yang Maju, Subur, sejahtera, dan berdaya saing Tinggi. Semangat kebersamaan masyarakat di Kabupaten Ngawi ini agar semakin tinggi guna mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Ngawi yang lebih baik lagi.

 

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Desa Jagir, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi
Desa : Jagir
Kecamatan : Sine
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63264
Telepon :
Email : jagir@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:45
    Kemarin:80
    Total Pengunjung:57.763
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.118.226.105
    Browser:Mozilla 5.0