Selamat Datang Di Website Resmi Desa Jagir, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi

Artikel

Curah Hujan Tinggi, Waspadai beberapa Penyakit

16 Februari 2023 07:55:00  Dwi ahmad  110 Kali Dibaca  Berita Nasional

Curah hujan yang terlalu tinggi saat ini cenderung merata di beberapa daerah di Indonesia, Hal ini tentunya memiliki potensi yang tinggi untuk terjadinya beberapa bencana seperti banjir dikarenakan saluran air yang tidak baik, adapula gempa pada daerah yang berada di lereng curam dan minim pepohonan. Karena itu masyarakat diharapkan melakukan persiapan agar meminimalisir bencana dan kerugian akibat bencana tersebut.

Hal ini perlu diketahui juga, selain faktor bencana, faktor lain yang perlu waspadai adalah penyakit yang datang bersamaan dengan tingginya curah hujan.

Adapun beberapa penyakit yang harus diwaspadai saat curah hujan yang terlalu tinggi antara lain:

  1. Diare

Di musim hujan dengan curah hujan tinggi, terjadi peningkatan potensi terjadinya banjir. Banjir ini akan membuat sumber-sumber air minum masyarakat, khususnya sumber air minum dari sumur dangkal menjadi tercemar. Hal ini juga akan berdampak pada ketersediaan air bersih yang semakin menipis. Itu semua berpotensi menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

Untuk mencegahnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, biasakan mencuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta setelah buang air. Kedua, merebus air minum hingga mendidih setiap hari. Ketiga, menjaga kebersihan lingkungan, hindari tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal. Yang terakhir, segera hubungi petugas kesehatan terdekat bila muncul gejala-gejala diare.

  1. Demam Berdarah

Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk Aedes aegyptiyaitu nyamuk penular penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan saat musim hujan, banyak sampah seperti kaleng bekas dan tempat-tempat tertentu berisi air yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk tersebut.

Untuk mencegahnya, kita harus ikut berpartisipasi secara aktif melalui gerakan 3M, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat. Selain itu, segera berobat ke rumah sakit apabila menemukan gejala-gejala seperti panas tinggi tanpa sebab yang jelas, disertai adanya tanda-tanda pendarahan.

Dengan mengetahui beberapa jenis penyakit diatas, Masyarakat diharapkan mampu memberikan kewaspadaan dan keinginan kepada masyarakat untuk dapat mulai menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, makan makanan 4 Sehat 5 Sempurna.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Desa Jagir, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi
Desa : Jagir
Kecamatan : Sine
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63264
Telepon :
Email : jagir@ngawikab.id

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:212
    Total Pengunjung:56.742
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.226.96.61
    Browser:Mozilla 5.0